Bagaimana Memeriksa Apakah File Berisi Virus dan Apakah Website Bersih atau Terinfeksi


how_to_check_if_a_file_contains_a_virus_-_virustotal_thumb800.jpg

Seperti kami, Anda mungkin men-download aplikasi dan file dari internet secara teratur. Anda mengandalkan perangkat lunak antivirus Anda dan penyedia email untuk mencegah malware yang didownload di tempat pertama, tetapi juga untuk memperingatkan Anda jika Anda akan menginstal sebuah program atau membuka lampiran email yang terinfeksi. perangkat lunak antivirus dan scanner email yang tidak sempurna, meskipun begitu inilah cara untuk cepat memeriksa dan meyakinkan apakah file berisi virus atau aman untuk digunakan.

Bagaimana memeriksa apakah file berisi virus
  • Pergi ke Virustotal.com
  • Unggah/upload file Anda (hingga 128MB)
  • Silahkan tunggu file Anda sedang diperiksa
  • Periksa hasil yang didapat dari lebih dari 50 scanner virus.

Virustotal adalah situs yang memungkinkan Anda untuk meng-upload file hingga 128MB dan kemudian akan menggunakan lebih dari 50 scanner untuk memeriksa apakah mengandung malware: virus, Trojan, worm dan lainnya.

Mesin pemindaian/Anti Virus yang dipakai termasuk BitDefender, Kaspersky, Avast, McAfee, Malwarebytes dan banyak lagi yang namanya sering Anda dengar. Hal ini seolah seperti memiliki semua dari Antivirus yang diinstal pada PC Anda tanpa perlu melakukan scan satu persatu.how_to_check_if_a_file_contains_a_virus_-_results.jpg

Virustotal telah ada sejak 2007, namun diakuisisi pada tahun 2012 oleh Google.

Bila Anda telah memindai berkas, Anda dapat melihat berapa banyak mesin mendeteksi masalah, 'safe-o-meter' menandakan jika file Anda aman, dan Anda juga dapat mengklik tab untuk memeriksa informasi rinci seperti produk dan nama perusahaan, nomor versi, nama file asli dan banyak lagi.


SHARE THIS
Previous Post
Next Post